Lewat PkM, Dosen dan Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP PGRI Pontianak Galang Kesantunan Berbahasa di Desa Sungai Bundung Laut

  • Bagikan
Tim Dosen dan Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP PGRI Pontianak gelar giat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema "Penguatan Kesantunan Berbahasa Ibu-Ibu di Desa Sungai Bundung Laut, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Mempawah". Senin, 21 Agustus 2023. Foto. Doc. Istimewa.

SIKLOPEDI BERKAT – Tim Dosen dan Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP PGRI Pontianak gelar giat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan mengambil tema “Penguatan Kesantunan Berbahasa Ibu-Ibu di Desa Sungai Bundung Laut, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Mempawah”.

Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 21 Agustus 2023 di Desa Sungai Bundung Laut, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat., dimulai pukul 09.00 hingga selesai.

Baca Juga : Tim Dosen Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP PGRI Pontianak Giat Pengabdian kepada Masyarakat dengan Tema Literasi Digital

Saat berita ini diwartakan, Kegiatan PkM yang diketuai oleh Dr. Herlina, M. Pd, turut dihadiri oleh 15 peserta dari ibu-ibu di daerah setempat.

Dalam wawancara, Dr. Sri Kusnita, M. Pd, yang merupakan anggota tim PkM, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para ibu dalam berkomunikasi dengan anak-anak di lingkungan keluarga.

Menurutnya, kesantunan berbahasa ibu-ibu sangat berpengaruh pada pembentukan bahasa anak-anak, mengingat anak-anak cenderung meniru perilaku dan ujaran dari lingkungan keluarga yang paling dekat.

Baca Juga : Dosen dan Mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP PGRI Pontianak Gelar Pelatihan Penulisan Surat Dinas di Desa Bukit Batu

Lebih lanjut, Sri Kusnita menyampaikan keprihatinannya terhadap fenomena berbahasa anak-anak saat ini yang dianggap mengkhawatirkan.

  • Bagikan