Kenali Dini, Berikut Gejala Tubuh Saat Kekurang Minum Air Putih

  • Bagikan
Foto : Ilustrasi air Putih dalam Botol/Pixabay

SIKLOPEDI BERKAT- Mengkonsumsi air minum sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh apalagi disaat cuaca panas. Dalam tubuh air berfungsi membantu mengatur suhu tubuh, melumasi persendian, dan membantu membuang limbah tubuh.

Berdasarkan hasil survey bahwa 75 persen orang Amerika menderita dehidrasi kronis, dan bagi banyak orang, masalahnya tidak terdeteksi sampai muncul komplikasi.

Seperti dikutip dari laman Best Life, dilansir dari laman PMJ News, ada beberapa tanda dan gejala yang dapat membuat masalah dehidrasi sehingga timbul komplikasi.

Baca Juga : Ragam Manfaat Air Rebusan Daun Pandan Bagi Kesehatan

1. Lelah atau Mood Menurun

Natasha Trentacosta, spesialis kedokteran olahraga dan ahli bedah ortopedi di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles, mengatakan merasa lebih lelah atau gelisah adalah sinyal umum bahwa tingkat hidrasi Anda menurun.

Siapa pun dapat menunjukkan serangkaian gejala ini, namun tampaknya lebih besar pada wanita daripada pria. Dia mengaitkan perbedaan itu dengan perbedaan hormonal dan komposisi tubuh.

“Wanita cenderung memiliki persentase air yang lebih rendah untuk berat badan mereka dibandingkan dengan pria, yang pada dasarnya berarti wanita memiliki lebih sedikit air untuk hilang sebelum menjadi gejala,” ungkap Natasha Trentacosta.

2. Merasa Busing Berat

“Tanda utama lain dari dehidrasi kronis adalah perasaan pusing berat,” ujar Vernon Williams, ahli saraf olahraga, spesialis manajemen nyeri, dan direktur pendiri Pusat Neurologi Olahraga dan Pengobatan Nyeri di Institut Cedars-Sinai Kerlan-Jobe di Los Angeles.

Williams mengatakan, tanpa cairan yang cukup, volume darah Anda turun, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah Anda dan mencegah otak mendapatkan cukup darah. Ini pada akhirnya menghasilkan perasaan pusing dan bingung.

  • Bagikan