Lima Bahaya Menahan Buang Air Kecil yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
Foto : Ilustrasi Menahan Buang air kecil/Pixabay

SIKLOPEDI BERKAT- Menahan buang air kecil sering dialami ketika seseorang berada di perjalanan dan sulit menemukan toilet. Tau kamu bahwa sebenarnya kondisi ini dapat menimbulkan masalah urologis.

Akibat dari kebiasaan menahan buang air kecil yang tampaknya tidak berbahaya, namun ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Seperti dikutip dari laman Best Life yang dilansir dari laman PMJ News, terdapat lima masalah kesehatan jika sering  menahan buang air kecil di antaranya:

Baca Juga : Manfaat Musik dalam Pengobatan Medis, Meredakan Rasa Sakit dan Kecemasan

1. Beresiko Infeksi Saluran Kemih

Salah satu risiko terbesar menahan kencing terlalu lama atau terlalu sering adalah meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK).

Ketika urine tertahan di kandung kemih, itu menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri untuk tumbuh dan menyebabkan infeksi,” jelas residen urologi dan ahli medis internal untuk bedbible.com, Martina Ambardjieva.

Ketika urine tidak dikeluarkan secara teratur, bakteri dapat menyebar ke uretra dan ginjal, yang pada akhirnya menyebabkan ISK. ISK biasanya memerlukan pengobatan antibiotik, jadi harus selalu segera ke dokter saat mengalami tanda-tanda pertama infeksi.

2. Melemahkan Otot-otot Kandung Kemih

Menurut spesialis nyeri panggul yang berlokasi di New York City, Amerika Serikat, Sonia Bahlani, menahan buang air kecil terlalu lama dapat menyebabkan kontraksi otot dasar panggul.

“Ketika ini terjadi, itu dapat menyebabkan kelemahan otot di sekitar kandung kemih,” ujarnya.

Jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini dapat menyebabkan hal-hal seperti nyeri atau inkontinensia. Ambardjieva mengatakan, secara khusus, ini terjadi ketika otot detrusor di kandung kemih berkontraksi dan menekan sfingter uretra yang tertutup.

  • Bagikan