Jokowi Instruksikan Segera Bentuk Tim Guna Telusuri Dugaan Kebocoran Data oleh bjorka

  • Bagikan
Foto : Ilustrasi Data Digital/Pixabay

SIKLOPEDI BERKAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk segera berkoordinasi dan menelaah lebih lanjut terkait dugaan kebocoran sejumlah data pemerintahan.

“Di rapat dibicarakan ada data-data yang beredar oleh Bjorka, tetapi data-data itu adalah data-data yang sudah umum, bukan data-data spesifik dan bukan data-data yang ter-update sekarang, sebagian data-data yang lama untuk saat ini,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, Senin 12 September 2022 kemarin.

“Hanya tim lintas kementerian/lembaga dari BSSN, Kominfo, Polri dan BIN tentu akan berkoordinasi untuk menelaah secara mendalam,” sambungnya.

Baca Juga : Bjorka Sarankan Pemimpin Tertinggi dalam Teknologi Bukan Politisi atau Tentara

Menurut Johnny, pemerintah juga akan membentuk tim khusus, yakni emergency response team untuk melakukan asesmen dan menjaga kepercayaan publik. Tim tersebut terdiri dari berbagai unsur, seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian Republik Indonesia, hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

“Perlu ada emergency response team yang terkait untuk menjaga tata kelola yang baik di Indonesia untuk menjaga juga kepercayaan publik. Jadi akan ada emergency response team dari BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya,” tuturnya.

  • Bagikan